Daun Dewa Ungu

Sebagaimana namanya, tanaman ini pada daunnya berwarna hijau tua dengan garis ungu di tepinya. Warna daun bagian atas lebih tua ketimbang bagian bawah, sementara kedua permukaan daun memiliki bulu-bulu halus. Bentuk daun bulat memanjang, dengan tepi berlekuk, bertangkai daun sangat pendek. Lalu, batangnya berambut halus, lunak, dan berwarna ungu kehijau-hijauan. Tinggi batangnya hanya 10-25 cm. Nama tanaman ini adalah daun dewa (Gynura segetum). 

Bunganya muncul di ujung batang. Sebelum mekar, bunganya mirip kancing, dan berbentuk seperti kumpulan benang sari berwarna kuning cerah setelah mekar. Mahkota bunga berwarna kuning dengan ujung merah kecokelatan. Dari bunga, biasanya langsung rontok, tidak sempat menjadi buah. Kalau pun berbuah, bentuknya lonjong dengan diameter 4-5 mm. Yang tak kalah menarik adalah akarnya yang membentuk umbi dengan panjang sekitar 5-8 cm. Ukuran penampang antara 3-5 cm. Kulit umbi berwarna keabu-abuan, sedangkan daging umbinya tampak bening sampai keruh. 

Tanaman ini termasuk tanaman semak tahunan dan memiliki beberapa nama daerah. Sebutan lain dari tanaman ini adalah tanaman Samsit atau Ubi Samsit. Di Jawa Tengah, ia disebut sambung nyawa (Jawa Tengah). Orang Cina menyebutnya san qi cao. Mengingat orang-orang Cina pada akrab dengan daun dewa, maka tanaman ini juga diberi nama beluntas Cina. Beluntas adalah tanaman yang sekerabat dengan daun dewa. 

Untuk mendapatkan bibit maupun umbi dewa (ubi samsit) ungu atau wulung ini Anda bisa menghubungi penjual melalui SMS atau WA 085747130190. Melayani pengiriman seluruh Indonesia, bahkan bisa ke beberapa negara lain.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat dan Cara Penggunaan Daun dan Umbi Dewa untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat dan Kandungan Daun dan Umbi Dewa

Cara Budidaya Umbi Dewa (Ubi Samsit)